Kajian komprehensif tentang sistem diagnostik mikroskopis malaria di Aceh, Indonesia, sebagai persiapan menuju eliminasi malaria

Sains_ekawati_kajian

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesiapan sistem diagnostik mikroskopis malaria di 23 kabupaten di Aceh pada 2011. Kuesioner di kirim menggunakan pos dan faksimil ke seluruh puskesmas, rumah sakit dan klinik untuk mendata mikroskopis yang ada. Kemudian, 12 orang penilai dikirim ke 23 kabupaten untuk melakukan uji profisiensi terhadap para mikroskopis yang telah terdata. Kunjungan terhadap  17 puskesmas dilakukan untuk menilai praktek yang sesungguhnya di lapangan. Hasil pendataan menunjukkan sebanyak 574 mikroskopis bertugas di 345 laboratorium yang tersebar pada 23 kabupaten di Aceh. Umumnya bekerja di Puskesmas (69%) dan Rumah Sakit (25%). Sekitar 413 orang bersedia berpartisipasi dalam uji profesiensi. Hasil uji menunjukkan 413 orang termasuk ke dalam tingkat dasar, 10 orang tingkat lanjut dan 9 orang dalam kelas rujukan. Tidak ada mikrosikopis yang mencapai tingkat ahli. Dari 345 yang dievaluasi, hanya 3 laboratorium yang memenuhi semua kriteria penilaian. Hasil kajian merekomendasikan pentingnya penilaian kapasitas diagnostik dan sistem baku mutu sebelum memulai program eliminasi malaria dalam skala besar.

Sumber: Ekawati LL, et al. 2015. A comprehensive assessment of the malaria microscopy system of Aceh, Indonesia, in preparation for malaria elimination. Malar J. 14: 240.

Kontributor: Iqbal Elyazar