Anopheles kochi

 

Distribusi: Sumatera, Jawa/Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku

Ditemukan sebagai nyamuk infektif: Sumatera, Jawa/Bali, Sulawesi (Detail 1, Detail 2)

Perilaku nyamuk dewasa : Anopheles kochi mencerminkan perilaku zoofilik, dimana nyamuk betina lebih sering ditemukan berkumpul di lokasi kandang ternak dibandingkan dengan rumah orang. Umumnya, nyamuk spesies ini ditangkap di luar rumah. Anopheles kochi mencapai aktivitas puncak menghisap darah pada paruh pertama malam. Namun kebiasaan mereka beristirahat pernah dilaporkan berbeda, misalnya, dominan di luar rumah di Jawa Tengah namun dominan di dalam rumah untuk daerah selatan Jawa.

Karakteristik habitat : Larva Anopheles kochi memilih habitat yang mendapatkan sinar matahari, air segar, namun dapat ditemukan pada air yang keruh (berlumpur). Habitat larva meliputi rawa, mata air, sawah, tambak, kolam, kerbau kubangan, sumur dan parit. Spesies ini dapat ditemukan dari dataran pantai ke lokasi berbukit di ketinggian hingga 1.100 meter di atas permukaan laut. Di Jawa Barat, larva An. kochi ditemukan lebih banyak di lokasi pesisir dibandingkan dengan di dataran tinggi. (Lihat Detail 3).

 

Sumber: Elyazar IRF, Sinka M, Gething PW, Tarmidzi SN, Surya A, Kusriastuti R, Winarno, Baird JK, Hay SI, Bangs MJ. 2013. The distribution and bionomics of Anopheles malaria vector mosquitoes in Indonesia. Adv Parasitol. 83:173-266.