Anopheles maculatus

 

Distribusi: Sumatera, Jawa/Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara

Ditemukan sebagai nyamuk infektif: Sumatera, Jawa/Bali (Detail 1, Detail 2)

Perilaku nyamuk dewasa : Nyamuk spesies ini dianggap berperilaku zoofilik dan dilaporkan lebih banyak ditemukan di kandang hewan ternak daripada ditemukan di rumah-rumah orang. Mereka dilaporkan menghisap darah manusia baik di dalam ataupun diluar rumah. Aktivitas mereka umumnya dilakukan pada paruh pertama malam, namun ada laporan yang menyebutkan intensitas kegiatan meningkat menjelang pagi hari (Jawa Tengah). Setelah menghisap darah dari dalam rumah, An. maculatus biasanya terbang keluar rumah untuk beristirahat di luar rumah seperti di sekitar kandang ternak, lubang tanah, dan di antara semak-semak, di bawah tanaman yang rindah, di pinggiran sungai kecil.

Karakteristik habitat : Larva An. maculatus sering ditemukan pada habitat yang mendapat sinar matahari dengan air segar dan jernih. Habitat dimana larva ini pernah ditemukan meliputi kolam renang, sisi sungai, sungai kecil bergerak lambat, dasar sungai yang kering, kolam kecil dan genangan air keruh, mata air alami, sawah, kolam dan parit. Spesies ini dapat ditemukan dari dataran pantai ke daerah perbukitan di ketinggian hingga 1.100 meter di atas permukaan laut. (Lihat Detail 3).

 

Sumber: Elyazar IRF, Sinka M, Gething PW, Tarmidzi SN, Surya A, Kusriastuti R, Winarno, Baird JK, Hay SI, Bangs MJ. 2013. The distribution and bionomics of Anopheles malaria vector mosquitoes in Indonesia. Adv Parasitol. 83:173-266.