Kunjungan ke Makam Sir Ronald Ross

Pada tanggal 22 Agustus 2016, salah satu anggota tim Sekolah Malaria, Andra, berkesempatan untuk mengunjungi makam salah satu ‘legenda’ dalam dunia malaria, Sir Ronald Ross, di kompleks pemakaman Putney Vale di London, UK. Sir Ronald Ross menjadi legenda dalam dunia malaria karena kontribusinya di tahun 1900-an dalam menemukan proses transmisi malaria melalui nyamuk. Berkat penemuannya tersebut, Sir Ronald Ross, menerima penghargaan Nobel dalam bidang kedokteran pada tahun 1902.

Kompleks pemakaman Putney Vale terletak di bagian barat daya Kota London yang terletak tidak jauh dari Richmond Park dan bisa dicapai dengan menggunakan bus. Setelah memasuki gerbang pemakaman, pengunjung dapat mengunjungi kantor pemakaman terlebih dahulu untuk mendapatkan peta kompleks pemakaman yang di dalamnya dilengkapi dengan list nama-nama orang terkenal yang dimakamkan di kompleks pemakaman ini.

Makam Sir Ronald Ross terletak di bagian belakang kompleks pemakaman tepatnya di Jl. Alexander Way, blok AS. Dengan melihat peta yang didapatkan dari kantor pemakaman kita dapat melihat bahwa makam Sir Ronald Ross ditandai dengan nomor 13 di peta. Walaupun lokasi koordinatnya sudah diketahui, mencari lokasi makam Sir Ronald Ross cukup sulit karena kondisi makamnya sudah tidak terawat. Tanda makam Sir Ronald Ross ada di kedua sisi makamnya dengan sisi sebelah kiri bertuliskan ‘Sir Ronald Ross’ dan sisi sebelah kanan bertuliskan ‘Lady Ross’ yang merupakan istri dari Sir Ronald Ross yang dimakamkan bersebelahan.

Kunjungan ke makam Sir Ronald Ross ini merupakan pengingat bahwa perjuangan dalam memberantas malaria sudah dilakukan cukup lama dan masih berlangsung hingga sekarang. Diperlukan selalu usaha dan inovasi-inovasi baru dalam perjuangan memberantas malaria dan harapannya, semangat Sir Ronald Ross dan kontribusi beliau akan selalu diingat dan dapat ditiru.