Oxford Tropical Network 2016

Oxford Tropical Network (OTN) merupakan sebuah kegiatan pertemuan yang dilakukan setiap 18 bulan sekali dan diikuti oleh jaringan departemen Tropical Medicine Universitas Oxford yang ada diseluruh dunia dengan tujuan membangun jaringan, mengetahui kegiatan-kegiatan terbaru yang dilakukan oleh anggota-anggota jaringan ini di seluruh dunia, berkenalan dan merencanakan proyek-proyek kolaboratif antar anggota. OTN 2016 dilaksanakan di kota Oxford setelah ajang sebelumnya dilaksanakan di Kamboja.

OTN 2016 dibuka pada Selasa malam tanggal 6 September 2016 di Museum Natural History Universitas Oxford dengan pidato dari Dr. Richard Seabrook berjudul “Wellcome Trust Innovation for Impact Strategy” dan diskusi panel dari Wellcome Unit of History of Medicine dengan judul “Invisible Crises, Neglected Histories: Malaria in Asia, 1900-Present”. Pada tanggal 7 September 2016 yang merupakan hari pertama kegiatan konferensi OTN 2016, kegiatan konferensi berisi presentasi-presentasi yang dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu: “Peneltian Sistem Kesehatan”, “Penyakit Epidemik dan Uji Klinis”, dan “Epidemiologi dan Pemodelan”. Salah satu pembicara dalam sesi terakhir adalah Prof. Kevin Baird dari Eijkman-Oxford Clinical Research Unit yang membicarakan tentang pentingnya penelitian mengenai fase hypnozoite dari Plasmodium vivax. Setelah seluruh presentasi selesai, sesi hari pertama ditutup dengan pembukaan Infectious Diseases Data Observatory (IDDO) yang merupakan organisasi yang menampung data-data dari berbagai macam uji klinis terkait penyakit menular yang ada di seluruh dunia, lalu diakhiri dengan Gala Dinner di ruang makan Keble College, Universitas Oxford. Hari kedua konferensi diisi dengan presentasi-presentasi dengan topik “Malaria”, “Ebola” dan “Vaksin” dan diakhiri dengan sesi presentasi oral cepat. Hari ketiga konferensi diisi dengan presentasi-presentasi dengan fokus topik “Mikrobiologi” dan “Penyakit-Penyakit Tropis Lainnya”.

Ajang OTN 2016 berakhir pada hari Jumat 9 September 2016. Kegiatan ini membuka banyak wawasan mengenai perkembangan-perkembangan penelitian terkini yang terjadi di seluruh unit jaringan departemen Tropical Medicine Universitas Oxford serta membuka kesempatan memperluas jaringan dan melakukan kolaborasi dengan peserta-peserta konferensi. OTN berikutnya akan diadakan pada tahun 2018 dan akan diselenggarakan di Vietnam.