Dinkes Jayapura tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya menggunakan mobile klinik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan tersebut, dengan beberapa kegiatan yakni melakukan pelayanan rutin melalui Puskesmas, Posyandu dan Pustu serta kegiatan lainnya.

“Pelayanan kesehatan melalui Puskesmas, Posyandu dan Pustu kita tetap jalankan. Kemudian Puskemas keliling kita galakkan. Sedangkan daerah yang sulit kita melalui mobile klinik kita lakukan untuk Kabupaten Jayapura,” jelas Khairul Lie, Kamis (2/8/2018).

Dirinya berharap akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan ini dari waktu ke waktu pihaknya bisa jawab peningkatan pelayanan ini.

Lanjutnya, kasus penyakit yang banyak ditemukan pada masyarakat adalah penyakit ISPA, malaria dan penyakit kulit/scabes masih cukup tinggi.

“Penyakit paling tinggi ditemukan pada masyarakat itu adalah penyakit malaria. Ini cukup tinggi. Kita harapkan bisa turun secara signifikan di Kabupaten Jayapura,”katanya.

Ditambahkannya penyakit malaria di Jayapura masih cukup tinggi dengan angka 170 per 1000, jadi diantara 1000 orang ada 170 orang yang sakit malaria. Sedangkan untuk gizi buruk di kabupaten setempat belum ada di temukan gizi buruk yang mengkhawatirkan.

“Memang ada 4 sampai 6 kasus gizi buruk, tetapi ini semua tenkonfirmasi dan kita bisa tangani semua, dan ini rata-rata di awali dengan penyakit penyerta,”tandasnya.(hsb)

Sumber: bisnis-papua.com