5 Langkah ini bisa bantu cegah penyakit malaria

https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 13 481 1935746 5-langkah-ini-bisa-bantu-cegah-penyakit-malaria-EOoXHbH4JJ.jpg

Musim kemarau yang melanda Indonesia saat ini, tentu menimbulkan banyak penyakit. Pasalnya, musim kemarau merupakan tempat yang baik bagi nyamuk untuk tumbuh dan berkembang biak.

Salah satu nyamuk yang berbahaya bagi manusia adalah Anopheles betina. Nyamuk ini akan membawa parasit plasmodium yang akan menyebabkan penyakit malaria. Parasit ini akan masuk ke dalam aliran darah ketika Anda digigit oleh nyamuk tersebut.

Jika sudah begini, Anda mungkin bisa mengalami penyakit malaria yang mematikan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memahami berbagai cara untuk mengatasinya. Menyadur dari Practo, Senin (13/8/2018), Okezone akan mengulas mengenai 5 cara mengatasi penyakit malaria:

1.Gunakan kelambu anti nyamuk sebelum tidur

Cara terbaik untuk menjaga keluarga Anda aman dari nyamuk di malam hari adalah menggunakan kelambu di atas tempat tidur. Tidak hanya memastikan perlindungan 100%, tetapi cara ini juga bebas dari bahan kimia untuk mengusir nyamuk.

2.Tutup jendela setelah matahari terbenam

Nyamuk mulai beraktivitas dan masuk ke rumah Anda setelah matahari terbenam. Jadi, pastikan jendela Anda tertutup. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat jaring dengan ukuran yang sesuai dengan jendela Anda.

3.Kenakan pakaian lengkap tertutup

Jangan gunakan pakaian terbuka pada saat musim nyamuk berkembang biak. Pertimbangkan untuk mengenakan pakaian lengan atau kaki tertutup dengan warna terang.

4.Jagalah kebersihan lingkungan Anda

Jagalah kebersihan lingkungan di sekitar Anda. Pastikan rumah Anda dibersihkan setiap hari sementara air yang menggenang di sekitar rumah, diurus dengan baik.

5.Konsumsi makanan pencegah malaria

Beberapa makanan seperti jahe, anggur, kayu manis, jerus dan daun basil bisa membantu Anda mengatasi malaria. Campurlah beberapa bahan masakan tersebut agar Anda terhindar dari pernyakit mematikan ini. (tam)

Sumber: