Lingkungan bersih, cegah penyakit

Kegiatan Kaltara Bersih yang serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota, juga dilaksanakan di Malinau, Jumat (7/9). Wakil Bupati Malinau Topan Amrullahmemimping langsung kegiatan yang dipusatkan di kawasan Taman Jajok, Malinau Seberang.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan oleh seluruh instansi dan masyarakat ini telah dua kali dilaksanakan di Bumi Intimung. Sebelumnya, pada Jumat (31/8) lalu juga digelar kegiatan serupa.

“Pelaksanaan bersih kawasan sungai yang dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari kawasan Sungai Sesayap, Malinau Kota, Pulau Betung, Teluk Sanggan sampai ke Kuala Lapang,” Ujar Topan Amrullah kepada Bulungan Post, Jumat (7/9).

Topan menjelaskan program Kaltara Bersih yang diinisiasi oleh Gubernur Irianto Lambrie sangat baik. Pihaknya pun turut mendukung program tersebut. Sebab, sejak 2 tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Malinau sudah menjalankan program kerja bakti dengan masyarakat.

“Kalau lingkungan bersih kan enak juga dilihat. Tinggal di lingkungan rumah yang bersih, maka akan membuat desa juga semakin asri. Kalau lingkungan bersih, hati tenang dan adem. Penyakit pun jauh,” ucapnya.

Tapi, jika lingkungan kotor, akan menjadi sumber penyakit. Sebab, sampah berserakan, akan menjadi sarang nyamuk aedes aegypti yang merupakan sumber penyakit demam berdarah dan malaria.

Nah, hal ini yang tidak ingin dihindari oleh Topan. Pemkab Malinau sendiri berusaha menekan penyebaran penyakit demam berdarah dan malaria.

“Kalau lingkungan kotor sampah di mana-mana, mungkin ada genangan air yang tidak terbuang maka jadi sarang nyamuk. Akhirnya bisa menyebabkan demam berdarah dan malaria dan mungkin juga disentri,” terangnya.

Topan berharap dengan gerakan Kaltara Bersih ini juga membuat budaya hidup masyarakat di Kaltara juga Bumi Intimung semakin lebih baik. Sehingga, lingkungan terutama kawasan sungai pun lebih bersih dan terbebas dari sampah. “Selain penyakit juga mencegah banjir. Ini yang coba kami hindari selama ini dengan tidak membuang sampah di sungai,” pungkasnya. (*/rif/rio)

Sumber: prokal.co