Kemenkes punya banyak PR hadapi ancaman penyakit

 

 

 

 

 

 

Masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dibereskan Kementerian Kesehatan RI terkait ancaman wabah penyakit menakutkan di Indonesia.

Disinggung apa saja ancaman wabah penyakit yang ditakutkan saat ini, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pun menjawab, “Menurut saya masih banyak, ya. Dari penyakit menular, tidak menular, dan emerging disease.

Pada acara pertemuan tingkat menteri ‘The 5th Global Health Security Agenda (GHSA)’ di Nusa Dua, Bali pada Selasa, 6 November 2018, Nila mengatakan bahwa saat ini Indonesia masih belum bebas dari kusta dan cacingan.

Sementara untuk penyakit tidak menular, jangan lupakan TBC (tuberkulosis) dan malaria. “Dan, sekarang penyakit tidak menular juga meningkat. Dari hasil Riskesdas terbaru, diketahui bahwa diabetes dan hipertensi meningkat, yang akhirnya menyebabkan penyakit jantung yang luar biasa nantinya,” kata Menkes menambahkan.

Belum lagi ancaman penyakit dari new emerging disease yang juga ditakutkan, seperti MERS-CoV dan zika.

“Dulu flu burung terjadi di sini. Saya pikir, banyak sekali PR kita,” kata Menkes.

Lewat pertemuan kelima sejak didirikan pada 2014 akibat munculnya wabah Ebola di Guinea, Indonesia mengajak seluruh negara, terutama 65 negara peserta untuk sama-sama menyelesaikan yang menjadi ancaman keamanan kesehatan global ini.

“Semua upaya sudah kita lakukan untuk mengatasi ini, dengan coba menurunkan vektornya,” kata Menkes.

Seperti malaria yang menjadi musuh masyarakat di Indonesia Timur. Nila mengatakan beberapa daerah sudah eliminasi malaria.

Begitu juga dengan kusta, Kemenkes RI masih melakukan upaya eliminasi.

Source: liputan6.com