UI kirim 19 relawan ke Sentani

Tim relawan UI siap diterjunkan ke lokasi tanggap bencana Sentani. Foto: UI/Humas.

Universitas Indonesia (UI) mengirimkan 19 relawan tim tanggap bencana ke Sentani, Jayapura. Kegiatan relawan dalam tanggap bencana banjir bandang di Sentani ini sudah berlangsung sejak 23-27 Maret 2019 di pusat kegiatan di Markas Komando Resort Militer Sentani.

Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, program ini dinamakan UI peduli. Sebuah gerakan pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial-budaya.

“UI Peduli adalah bentuk pengabdian UI kepada masyarakat, sehingga diharapkan institusi pendidikan tidak menjadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat,” kata Anis di Jakarta, Selasa, 2 April 2019.

Relawan yang terbagi dalam empat tim ini akan melakukan pelayanan kesehatan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Tim kedua akan melakukan survei sumber air dan pemetaan wilayah, kemudian tim ketiga yang akan melakukan kegiatan psikososial atau trauma healing.

Lalu tim keempat akan bertugas mendistribusikan bahan logistik ke posko-posko pengungsian. Dalam kunjungan sosial ke Sentani ini, UI juga memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Di antaranya pompa solar panel di Stadion Barnabas Yowe, Posko Cylops. Satu tim juga melakukan penyebaran bubuk abate untuk pencegahan penyakit Malaria, serta penyuluhan kesehatan di Gereja Injili Indonesia Jemaat Karunia.

Di posko ini tim medis melayani 100 orang pengungsi dengan rincian 10 bayi, enam balita, dan 15 anak. Dari data lapangan, masyarakat Sentani sangat memerlukan bantuan medis.

Hingga kini, belum ada satupun bantuan medis yang turun, sedangkan banyak pengungsi yang luka-luka. Selain itu, kebutuhan air bersih juga sangat mendesak, karena ini terkait dengan penyebaran penyakit malaria, diare, dan kutu air.

“Melihat kebutuhan ini, tim UI Peduli juga melakukan pengeboran pompa air bagi masyarakat,” tutup Anis.

Sumber: www.medcom.id