Yuk, intip manfaat mengejutkan buah duku untuk kesehatan

Yuk, Intip Manfaat Mengejutkan Buah Duku untuk Kesehatan

Sepanjang bulan Februari hingga April, Anda pasti sering melihat pedagang menjajakan buah duku. Ya, buah yang berasal dari Asia Tenggara ini memang tumbuh subur pada bulan-bulan tersebut. Meski buah ini cukup populer, tidak semua orang tahu manfaatnya. Memangnya, apa saja manfaat buah duku? Yuk, simak ulasannya.

Sekilas buah duku

Sebelum membahas manfaat buah duku, alangkah lebih baik jika Anda mengenali seperti apa rupa buah ini. Buah duku memiliki nama ilmiah, yaitu Lansium parasiticum. 

Umumnya, buah ini berukuran kecil seperti bola bekel. Buahnya diselimuti oleh kulit tipis yang mudah dikupas dan berwarna kuning.

Bila sudah matang, biasanya akan muncul bintik kecokelatan pada permukaan kulitnya.

Buah duku memiliki bentuk yang serupa dengan buah langsat atau kokosan, sehingga sering kali membuat orang salah mengenalinya.

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah duku, antara lain:

Makronutrien

Air: 82.0 g
Energi: 63 Kal
Protein: 1.0 g
Lemak: 0.2 g
Karbohidrat: 16.1 g
Serat: 4.3 g

Mineral dan antioksidan

Kalsium: 18 mg

Fosfor: 9 mg
Besi: 0.9 mg
Natrium: 2 mg
Kalium: 149.0 mg
Tembaga: 0.09 mg
Seng: 0.2 mg
Thiamin: 0.05 mg
Riboflavin: 0.15 mg
Niacin: 1.5 mg
Vitamin C: 9 mg

Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh

Meski ukurannya kecil, duku termasuk dalam deretan buah yang kaya akan nutrisi. Mari kupas satu per satu manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Nah, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku.  Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

2. Kaya antioksidan

Selain memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, buah duku juga dikenal sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol.

Sebuah studi menyebutkan bahwa buah duku memiliki kandungan antioksidan yang mirip dengan buah pisang dan pepaya.

Antioksidan tersebut dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya merusak sel, menyebabkan penyakit, dan mempercepat penuaan.

3. Sumber vitamin B dan C

Buah yang satu ini juga mengandung beragam vitamin B, mulai dari thiamin, riboflavin, dan niacin.

Vitamin B dari buah ini akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain buahnya, bagian duku yang lain juga bermanfaat

Manfaat Lansium parasiticum tidak hanya berasal dari daging buahnya. Kulit dan daun buah duku juga sering dijadikan obat-obatan.

Pada penelitian yang membahas mengenai manfaat buah duku, ekstrak kulit dan daun pohon duku berpotensi sebagai obat malaria.

Kandungan yang ada di ekstrak kulit buah duku dapat melawan strain parasit penyebab malaria.

Studi lain juga melaporkan bahwa kulit dan biji buah duku memiliki sifat antibakteri. Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan akan menghasilkan asam lansionat yang dapat melawan infeksi beberapa jenis jamur, salah satunya Candida albican.

Sumber: health.uzone.id