Tahun 2022 Purworejo Bebas Malaria

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mentargetkan tahun 2022 bebas atau eliminasi dari malaria. Wabah yang menyerang warga masyarakat di daerah taran tinggi itu kini sudah mengalami penurunan jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi target eliminasi malaria di Purworejo pada tahun 2022 itu tidak akan tercapai tanpa keterlibatan seluruh elemen masyarakat,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH, Sabtu (29/6).

Dalam rapat koordinasi percepatan eliminasi malaria di Kantor Bupati setempat Yuli Hastuti menekankan pentingnya survey migrasi malaria untuk menjaga Purworejo bebas malaria. Apalagi sekarang sudah ada Perbup tentang Percepatan Elimiasi Malaria di Kabupaten Purworejo, diharap bisa menjadi salah satu dukungan positif untuk mencapai eliminasi malaria di tahun 2022.

Malaria menurut Yuli Hastuti, merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat. Penyakit ini berdampak pada penurunan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan berpengaruh terhadap peningkatan angka kesakitan dan  kematian kelompok rentan, yakni ibu hamil dan melahirkan hingga bayi dan balita.

Diakui, kasus malaria di Purworejo sudah mengalami penurunan, dimana pada tahun 2018 ditemukan sebanyak 195 kasus, namun  sampai dengan bulan Juni ini, dari 5 kasus malaria tidak ada kasus penularan setempat.

Sumber: www.krjogja.com