Prajurit Yonif Raider 509 Beri Layanan Kesehatan Warga Perbatasan

Prajurit Yonif Raider 509 Beri Layanan Kesehatan Warga Perbatasan

Warga Arso Tami, Kabupaten Keerom, Papua, mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari prajurit Yonif 509 Divif 2 Kostrad, yang sedang bertugas di perbatasan.

Layanan kesehatan gratis ini dipimpin langsung oleh dokter Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, Letda Ckm dr. Abraham Valent Wibisono.

Menurut Valent, kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengecekan tensi darah, dan pemberian obat-obatan kepada masyarakat. Selain melaksanakan pelayanan kesehatan, dokter juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat.

Dalam arahannya, Valent memberikan penekanan tentang pentingnya menjaga kebersihan di sekitar rumah, memberikan bubuk abate untuk meminimalisir pengembangan jentik-jentik nyamuk, dan segera berobat ke Puskesmas terdekat saat sakit.

“Di daerah Arso Tami, adalah endemik dengan penyakit malaria, sehingga perlu adanya pemberian informasi tentang kesehatan kepada masyarakat agar tidak terjangkit malaria,” tutur Valent saat memberikan himbauan.

“Pelayanan Kesehatan ini juga dalam rangka memperingati hari jadi ke-72 Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, sehingga masyarakat bisa merasakan hadirnya prajurit TNI di tengah mereka,” ujarnya.

Valent juga menjelaskan tentang gejala-gejala dini malaria, dan berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar Arso Tami, sekaligus dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk menjaga kebersihan di sekitar rumahnya.

Sumber: jatim.sindonews.com