Cegah Malaria, Prajurit Penjaga Perbatasan Ini Lakukan Fogging

Cegah Malaria, Prajurit Penjaga Perbatasan Ini Lakukan Fogging

Upaya mencegah perkembangan nyamuk yang menyebabkan penularan malaria, prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, menggelar fogging atau pengasapan.

Para prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini tersebut, melakukan fogging di Kampung Erambu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Perwira Penerangan Satgas Pamtas Indonesia Papua-Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Kapten Chk. Agung Priyadi mengungkapkan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir yang sudah mulai diguyur hujan, membuat perkembangan nyamuk semakin meningkat.

Perkembangan nyamuk yang sangat cepat ini, dirasakan oleh warga Kampung Erambu. Sehingga, harus segera diantisipasi dengan melakukan pengasapan, mencegah menularnya malaria.

“Kegiatan fogging dilaksanakan oleh delapan personel Pos Kaliwanggo yang dipimpin oleh Danpos Kaliwanggo, Kapten Inf. Adik Sunarto, turut hadir Kapolsubsektor Toray-Erambu Ipda Haris M. Utama, dan Kepala Kampung Erambu, Amos Kamudi. Mereka berkeliling kampung melaksanakan fogging di bagian rumah-rumah warga yang sering dijadikan sarang nyamuk,” ujarnya.

Selain melaksanakan fogging, personel pos Kaliwanggo juga melakukan himbauan kepada warga Kampung Erambu, untuk menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan di sekitar rumah, maupun sarana umum lainnya yang biasa dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk.

Kepala Kampung Erambu, Amos Kamudi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada personel TNI yang melakukan fogging, “Setelah dilakukan fogging mudah-mudahan nyamuk yang ada akan berkurang, sehingga warga tidak kawatir lagi dengan penularan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk,” ungkapnya.

Sumber: jatim.sindonews.com