Eliminasi Malaria UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi NTT Gelar Job Training Bagi Analis Kesehatan

Eliminasi Malaria UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi NTT Gelar Job Training Bagi Analis Kesehatan

Unit Pelayanan Teknis ( UPT) Laboratorium Kesehatan ( Labkes) Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) menggelar job training bagi analis kesehatan dari sejumlah sejumlah sakit dan klinik di Kota Kupang, Rabu (11/3/2020).

Job training tentang malaria dan perbaikan mikroskop ini dilaksanakan di aula Labkes, 11 hingga 13 Maret 2020, diikuti empat belas orang analis.

Kepala Labkes NTT, Agustinus Sally kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, job training tersebut dilaksanakan dalam rangka eliminasi malaria di NTT khususnya di Kota Kupang.

Dengan job training ini, kata Agus, Kota Kupang nantinya akan memperoleh sertifikat eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan.

“Yang mengikuti kegiatan ini dari rumah sakit, klinik pemerintah maupun swasta. Kita undang mereka ke sini. Kita koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk datangkan dan training para tenaga analisis ini,” ungkap Agus.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih berharap Kota Kupang bisa menerima sertifikat eliminasi malaria di tahun 2020 ini.

Menurutnya salah satu kunci utama dalam eliminasi malaria yakni peningkatan kapasitas bagi para tenaga analisis.

“Tenaga analis punya peran penting, karena mereka adalah penentu diagnosa. Mereka yang membuktikan di dalam kandungan darah ada plasmodium malaria atau tidak,” ungkapnya.

Terkait kasus malaria di Kota Kupang, Sri katakan, memang ada kasus tapi kasus malaria di Kota Kupang merupakan kasus impor.

“Ada kasus Malaria, tapi itu terjadi ke mereka yang pernah melakukan perjalanan ke luar Kota Kupang yang kasusnya malarianya tinggi, misalnya ada yang ke Papua, Sumba. Kita lakukan pemeriksaan dan pengobatan sesuai standar yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Julita slah satu peserta job training dari Rumah Sakit Dedari Kupang kepada POS-KUPANG.COM mengatakan kegiatan tersebut sangat penting agar mereka bisa bekerja lebih baik dalam mendiagnosa malaria.

“Kegiatan ini sangat bagus. Bia merefresh kembali pengetahuan yang sudah kami dapat bagaimana kami mendiagnosa malaria, supaya kami bisa bekerja lebih baik lagi untuk diagnosa malaria,” ungkapnya.

Agustinus Sally kembali menegaskan, Laboratorium Kesehatan Provinsi NTT melayani dengan cepat dan tepat.

Menurutnya di Laboratorium ini masyarakat bisa dapat layanan pemeriksaan laboratorium terbaik, terlengkap, dan termurah.

” Hanya di Labkes NTT, satu-satunya laboratorium yang berstandar Nasional di NTT,” ungkapnya.

Menurutnya UPTD Labkes Propinsi NTT berkomitmen untuk menjadi laboratoirum kesehatan yang bermutu, terpercaya, dan mandiri.

Ada pun layanan pemeriksaan kami meliputi, Medical Check-Up (Fungsi Hati, Fungsi lemak, Fungsi Ginjal, Fungsi Metabolisme, Hematologi, Serologi, elektrolit darah, papsmear, dll.

Kimia Lingkungan (Air bersih, Air Minum, Air Limbah, makanan & minuman, Pengujian Kualitas Lingkungan)

Mikrobiologi ( Sensitivity test, Malaria, TBC, Telur Cacing, Filariasis, Kultur & Angka Kuman, Bakteri, HIV, Thypus, Hepatitis, DBD, Spylis, GO, Kusta, Analisa Sperma, Narkoba, dll.

Pemeriksaan Patologi Klinik (Darah Lengkap/Rutin, Kimia Klinik, Faal Hemostasis)

Pemeriksaan Serologi & Imunologi (Widal Test, HBsAg, IgM Anti HIV, VDRL, TPHA, CRP, CD4)

Immunologi (Test Kehamilan, PST/HCG Sensitif, TSH Sensitif, T3/T4, ASTO, Rematoid Factor, AFP, CEA

“Ongin dapatkan layanan pemeriksaan laboratorium terbaik dan terlengkap dari kami? Mudah saja,” kata Agus.

Sumber: kupang.tribunnews.com