Pemetaan penyakit merupakan satu alat dan komponen penting dalam kajian kesehatan masyarakat, epidemiologi dan studi mengenai penyakit. Pemetaan penyakit dilakukan diantaranya untuk membantu melakukan deskripsi sederhana, membangkitkan hipotesis, dan melakukan pengalokasian sumber daya alam dalam rangka pengendalian penyakit. Salah satu komponen lain yang penting dalam pengendalian penyakit adalah surveilans. Dalam era teknologi informasi, proses surveilans penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan gadget yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain lebih hemat biaya, penggunaan gadget (telepon seluler) dalam surveilans penyakit juga dipermudah dengan adanya aplikasi yang terintegrasi dengan sistem teknologi informasi untuk pemetaan, sehingga lebih praktis.

Modul pelatihan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengambilan kebijakan dalam pengendalian penyakit maupun rekan-rekan yang ingin belajar tentang pemetaan penyakit dan surveilans sederhana untuk memahami bagaimana cara memanfaatkan data penyakit yang dimiliki secara optimal dengan menggunakan perangkat lunak sistem informasi geografis. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami manfaat pemetaan penyakit, membuat peta digital penyakit, serta melakukan surveilans penyakit sederhana menggunakan telepon seluler masing-masing.

Hari I:

  • Prinsip dasar pemetaan penyakit
  • Sistem Informasi Geografis (SIG)
  • Mengenal Quantum GIS (QGIS)

Hari II:

  • Menggunakan QGIS
  • Surveilans dengan telepon seluler menggunakan aplikasi Geopaparazzi

Hari III:

  • Studi kasus dan presentasi

Bahan bacaan dan pendukung:

Modul Pelatihan Pemetaan Penyakit dan Surveilans Untuk Pengelola Program Malaria

Quantum GIS ver. 2.8.3-1 for Windows

GeoPaparazzi ver. 5.2.0 for Android

 

Catatan: Kami sedang berusaha mencari lembaga sponsor/donor untuk memfasilitasi kegiatan pelatihan ini. Jika ada teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota yang tertarik dengan penelitian ini, silahkan menghubungi email: sekolahmalaria@gmail.com untuk mendaftarkan diri dan menerima pemberitahuan jadwal pelatihan.