Aplikasi pemodelan matematika sudah dilakukan sejak lama dalam upaya kontrol penyakit malaria. Pemodelan matematika dapat digunakan untuk membantu menjelaskan fenomena-fenomena dan dinamika dalam siklus dan epidemiologi penyakit malaria dengan menggunakan simulasi berbasis komputer yang hasilnya dapat digunakan untuk membantu pihak-pihak yang terkait dalam pengambilan keputusan dan perumusan program-program kontrol serta intervensi penyakit malaria untuk membantu upaya eliminasi malaria. Beberapa pertanyaan seputar eliminasi malaria yang dapat dijawab dengan menggunakan pemodelan matematika di antaranya: identifikasi potensi efektivitas dalam implementasi kombinasi intervensi, menghitung cakupan optimal dalam implementasi intervensi dan antisipasi potensi kemunculan kembali malaria di populasi.

Kursus pemodelan matematika untuk malaria ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran metode pemodelan matematika dalam upaya mengeliminasi malaria di Indonesia. Kursus pemodelan matematika ini dibuat interaktif dengan paduan presentasi materi, studi kasus dan praktik penggunaan software pemodelan matematika.

Selama tiga hari, para peserta diharapkan dapat memahami dasar model kompartemen dalam epidemiologi penyakit menular pada umunya dan khususnya malaria, mendesain dan menghitung solusi model matematika sederhana menggunakan software Berkeley-Madonna, dan memahami hasil keluaran model matematika dalam publikasi-publikasi mengenai penyakit menular terutama malaria. Peserta dapat berasal dari mereka yang merupakan pengelola program malaria secara langsung baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota atau puskesmas, mereka yang bergelut di dunia pendidikan dan penelitian, pihak swasta yang mendukung program pemberantasan malaria melalui CSR, organisasi kemasyarakatan yang menyuarakan gerakan pemberdayaan masyarakat, ataupun mahasiswa S2/S3 yang sedang meneliti malaria. Selama tiga hari, peserta membahas modul-modul berikut:

Hari I:

  • Pengenalan model kompartemen epidemiologi sederhana dan notasi-notasi umum dalam model kompartemen.
  • Pengenalan software Berkeley-Madonna.

Hari II:

  • Prinsip-prinsip dasar dinamika epidemiologi penyakit menular dan pengenalan model-model matematika epidemiologi.
  • Penggunaan software Berkeley-Madonna untuk mendesain dan menghitung solusi model matematika.

Hari III:

  • Pemodelan matematika untuk penyakit malaria.
  • Penggunaan software Berkeley-Madonna untuk pemodelan matematika penyakit malaria.

 

Bahan bacaan:

Grassly NC, et al. 2008. Mathematical models of infectious disease transmission. Nature Reviews Microbiology6(6).

Brauer F. 2008. Compartmental models in epidemiology. In Mathematical epidemiology (pp. 19-79). Springer Berlin Heidelberg.

Smith DL, et al. 2009. Measuring malaria for elimination. Shrinking the Malaria Map, p.108.

Smith, et al. 2004. Statics and dynamics of malaria infection in Anopheles mosquitoes. Malaria Journal3(1), p.1.

Smith DL, et al. 2012. Ross, Macdonald, and a theory for the dynamics and control of mosquito-transmitted pathogens. PLoS pathog8(4), p.e1002588.

 

Catatan: Kami sedang berusaha mencari lembaga sponsor/donor untuk memfasilitasi kegiatan pelatihan ini. Jika ada teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota yang tertarik dengan penelitian ini, silahkan menghubungi email: training@sekolahmalaria.info untuk mendaftarkan diri dan menerima pemberitahuan jadwal pelatihan.